Headlines News :

5 Penemuan Ilmiah Penting (part3)


PENEMUAN MIKROSKOP


Mikroskop adalah sebuah alat yang dapat memperbesar benda-benda yang sangat kecil sehingga dapat dilihat dengan mudah. Alat itu bias menghasilkan bayangan yang sangat besar dari objek yang sangat kecil. Mikroskop adalah sebuah alat yang sangat penting dalam ilmu pengetahuan.
Sebuah mikroskop memiliki dua system lensa yaitu objektif dan lensa mata. Lensa yang diarahkan pada objek yang ingin dilihat disebut objektif. Sementara itu, lensa yang lain tempat pengamatan dibuat disebut lensa mata. Fungsi dua rangkaian lensa ini adalah untuk menamba pembesaran.
Mikroskop gabungan ini dibuat oleh ahli pembuat kaca mata dari Belanda yang bernama Lacharia’s Juseen sekitar tahun 1590. Kemudian, selama pertengahan tahun 1600, ilmuan amatir Belanda yang lain, Antin Van Leeuvenhock membuat sebuah mikroskop dengan lensa-lensa yang sangat kuat untuk mengamati makhluk hidup yang sangat kecil. Mikroskop ini lebih kuat disbanding mikroskop gabungan.
Pada awal tahun 1800, berbagai penyempurnaan dilakukan terhadap mikroskop itu. Kaca yang lebih baik mulai dibuat sehingga mikroskop electron dibuat pada tahun 1931.


PENEMUAN KULKAS


Kulkas adalah sebuah perlengkapan listrik rumah tangga yang digunakan untuk mengawetkan makanan. Kulkas mekanik ditemukan pada abad ke-19 yang didasarkan pada tiga system, yaitu: pemampatan, penyerapan dan pancaran uap. Hal ini diikuti dengan system pendinginan listik dan pendinginan gas.

Kulkas yang pertama kali diciptakan adalah kulkas pemampatan mekanik seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Alat ini dikembangkan oleh Jacob Perkins, orang Amerika Serikat, pada tahun 1834.


Kotak es terisolasi yang biasanya digunakan di dalam rumah digantikan dengan kulkas pada tahun 1913. Pabrikan menamainya Domelre. Pada tahun 1918. Kelvinator memasarkan model yang lebih praktis diikuti oleh model 1919 Frigidaire.


PENEMUAN LOGARITMA


John Napier (1550-1617), seorang ahli matematika dari Skotlandia, mamberi kita cara yang paling mudah dan ekonomis dalam melakukan penghitungan yang rumit. Ia menemukan metode penghitungan logaritma melalui perkalian dan pembagian yang dapat dilakukan sangat mudah. Metode ini digunakan secara luas oleh astrolog, navigator, insinyur dan ilmuwan, terutama sebelum kemunculan computer. Namun, pada abad ke-16, sistem ini ditawarkan oleh Napier untuk menyelesaikan banyak penghitungan yang tidak tepat.
Pada tahun 1593, Napier mulai mengerjakan logaritma. Secara bertahap, metodenya memasukkan system perhitungan, sehingga akar, hasil kali dan hasil kali dapat ditentukan denag cepat. Ia mengembangkan table logaritma yang digunakan secara luas hingga sekarang.
Pada tahun 1614, sumbangsih Napier terhadap matematika dipublikasikan dalam sebuah risalah yang disebut Description of Marvelous Canon of Logarithms. Pada tahun 1620, risalah lain yang disebut Marvelous Canon of Logarithms di publikasikan secara anumerrta. 

PENEMUAN MOBIL


Mobil adalah sebuah kendaraan dengan ruang penumpang yang tertutup. Kendaraan ini digerakkan oleh sebuah mesin dengan pembakaran internal. Kendaraan ini disebut juga otomobil. Mobil pertama digerakkan dengan mesin uap di buat oleh orang Perancis yang bernama Nicholas Joseph Cugnot pada tahun 1769.
Kira-kira tahun 1890, mobil listrik pertama dibuat oleh William Morrison. Kemdian, mobil berbahan bakar bensin diperkenalkan oleh Emile Levasson (1794-1883) dengan mesin yang diletakkan di depan. Mobil-mobil sekarang memiliki desain yang sama dengan mobil-mobil bensin yang pertama.

PENEMUAN PARASUT


Parasut adalah sebuah alat untuk memperlambat kejatuhan seseorang atau barang dari ketinggian.  Parasut diyakini telah ditemukan oleh orang-orang Cina selama tahun 1100-an untuk melompat dari bangunan-bangunan yang tinggi. Leonard da Vinci (1794-1883), seorang ilmuwan dari Italia, menggambar sketsa parasut pada tahun 1495.
Parasut pertama yang berhasil digunakan untuk terjun di udara di buat pada tahun 1783 oleh seorang ilmuwan Prancis yang bernama Sebastian Lenormand. Parasut ini digunakan untuk terjun dari balon pada tahun 1797, dan dari pesawat terbang yang rusak pada tahun 1922.
Sekarang, parasut digunakan secara luas untuk menerjunkan tentara selama perang. Hal ini menjamin penempatan pasukan secara cepat di tempat-tempat yang sulit didarati dengan aman oleh pesawat terbang. Parasut juga digunakan oleh pilot pesawat tempur ketika pesawat mereka mengalami kerusakan. Untuk operasi-operasi di zaman damai, parasut digunakan untuk menerjunkan makanan, air dan obat-obatan di wilayah yang sulit dijangkau.


Share dulu ya :
Anda sedang membaca info 5 Penemuan Ilmiah Penting (part3), anda bisa menemukan 5 Penemuan Ilmiah Penting (part3) ini dengan url https://kumpulanpenemuan.blogspot.com/2014/12/5-penemuan-ilmiah-penting-part3.html, semoga info 5 Penemuan Ilmiah Penting (part3) bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar