Headlines News :

5 Penemuan Ilmiah Penting (part4)

PENEMUAN SENAPAN MESIN



Seni perang yang efektif menuntut system pertempuran yang efektif pula. Pistol Samuel Colt (1800) meningkatkan kecepatan tembakan beberapa kali lipat sejak zaman kuno ketika masih digunakan busur dan panah. Walaupun setiap tembakan bias dilepaskan dalam beberapa detik, tetapi tembakan-tembakan tidak bias ditembakkan terus-menerus. Pada abad ke-19, Richard Jordan Gatling (1814-1862) menemukan “Senapan Gatling” pada tahun 1861 yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan perang yang berkelanjutan. Dirancang dalam bentuk seikat enam senapan yang di beri peluru melalui drum silinder yang ditempatkan di atas senjata itu, yang dinyalakan dengan sebuah engkol tangan, senapan tersebut terbukti sangat mematikan dalam perang saudara di Amerika. Senapan itu mampu melepaskan 400 tembakan dalam satu menit. Akan tetapi, efisiennya sangat bergantung pengoperasian dan berapa cepat engkol digerakkan. Meriam Vulcan yang dibuat pada tahun 19600 didasarkan pada model ini dan mapu melepaskan 6000 tembakan per menit.


Pada tahun 1884, Hiram Maxim (1814-1862) dari Amerika Serikat menciptakan senapan mesin otomatis yang pertama. Senapan itu dapat melepaskan 600 tembakan per menit dan menggunakan tenaga recoil dari satu tembakan untuk melepaskan peluru dan dalam satu detik membawa peluru ke dalam ruang tembakan. John Moses Browning (1855-1926) menggunakan gas yang diproduksi selama penembakan untuk menggerakkan senapan pada tahun 1892. Ini kemudian dikenal sebagai senapan Hotchkiss dari perancis.

PENEMUAN CAHAYA



Kita mendapatkan cahaya sejak kehidupan dimulai. Cahaya adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Akan tetapi, apa yang membentuk cahaya? Pada tahun 1700 Sir Issac Newton (1642-1727) menemukan bahwa cahaya terbentuk dari kelompok-kelompok partikel halus yang disebut corpuscle. Newton mengamati bahwa cahaya berasal dari suatu sumber yang terdiri dari beberapa corpuscle ini. Dalam situasi normal, cahaya merambat dalam garis lurus dan perambatan cahaya dalam garis lurus ini  menentukan bentuk bayangan dan gerhana. Selanjutnya, Cristian Huggen, seorang astronom dari Belanda, menemukan bahwa cahaya berasal dari gelombang-gelombang dan seringkali merambat dalam bentuk getaran.

Gelombang-gelombang cahaya termasuk ke dalam kategori gelombang elektromagnetik, yang memiliki panjang gelombang yang pendek dan frekuensi yang sangat tinggi. Gelombang-gelombang itu dihasilkan dalam bentuk semburan-semburan atau kumpulan-kumpulan kecil. Kumpulan kecil ini disebut quanta, yang seringkali bergerak seperti partikel atau corpuscle.
Dengan penemuan-penemuan modern ini, kita telah melewati jalan panjang dari zaman ilmuwan Yunani, Claudius Ptolemy, yang pada abad ke-2 menyimpulkan bahwa sinar cahaya membelok ketika memasuki air. Namun, penghargaan harus diberikan kepada Ptolemy dan ahli fisika dari Arab, Al-Hasan, yang telah membuat sejumlah pengamatan tentang pembesaran dan pembiasan cahaya. Penemuan mereka merupakan karya pionir bagi banyak penemuan modern.

PENEMUAN SEKUTER MOTOR


Sekuter adalah sebuah kendaraan yang lebih gemuk daripada sepeda motor, dan dapat melaju dengan kecepatan rendah.

Asalnya, pada tahun 1911, sekuter berbentuk sepeda motor untuk perempuan di Scotlandia. Sekuter VESPA dikembangkan oleh dua orang Italia yang masing-masing bernama Pinifarina dan Trossi selama periode antara dua perang dunia. Sekuter ini sangat popular. Kemudian, pada tahun 1970-an, perusahaan perusahaan sepeda motor di Jepang, yaitu Suzuki, Honda, Yamaha dan Kawasaki, mengembangkan model-model motor yang dipengaruhi sekuter.

PENEMUAN ROKET


Roket diyakini telah diciptakan oleh orang-orang cina pada awal abad Masehi. Selama awal tahun 1800-an, Kolonel William Congreve dari angkatan bersenjata Inggris, mengembangkan nenek moyang pertama dari roket-roket modern.


Roket membakar campuran bahan bakar dan oksigen di dalam sebuah ruangan dalam motor. Gas yang terbakar memuai dan menyembur melalui pipa motor, mendorong wahana ruang angkasa itu. Roket tunggal tidak cukup bertenaga untuk mencapai luar angkasa. Beberapa tingkat roket harus digabungkan ujung demi ujung membentuk suatu wahana ruang angkasa. Roket paling bawah mendorong roket-roket di atasnya lalu jatuh. Roket modern pertama di buat oleh seorang ilmuwan Amerika Serikat bernama Robert H. Goddard (1882-1945).

PENEMUAN RADIO



Pada tanggal 13 Januari 1910, penyiaran radio pertama kali mengudara dari gedung Opera Metropolitan di kota New York. Siaran radio itu menyiarkan suara tenor tinngi Enrico Caruso yang menyanyikan lagu Cavalleria Rusticana  karya Peitro Mascagni. Itu merupakan saat yang berharga dan tidak pernah mungkin terjadi bila Heinrich Rudolf Hertz (1857-1894) dari Jerman tidak menemukan gelombang radio pada tahun 1887.

Akan tetapi, dengan penemuan mikrofon dan tabung audio, radio seperti yang kita kenal sekarang, menjadi suatu kenyataan. Mikrofon, seperti yang digunakan pada telepon, mengubah suara menjadi impuls-impuls listrik. Ini adalah bagian dari penemuan Alexander Graham Bell (1847-1922). Audio adalah sebuah tabung elektronik yang dapat memperkuat dan mengirimkan implus-implus yang rumit tersebut. Itu merupakan sebuah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari radio dan ditemukan pada tahun 1907 oleh seorang ilmuan Amerika Serikat, Lee De Forest (1873-1961). Selanjutnya, penemuan Kristal Galina, sebagai bahan yang paling peka terhadap gelombang radio, membawa pada produksi receiver (penerima) radio Kristal. Hal ini membawa pada kemajuan radio yang praktis untuk digunakan di dalam rumah.

Westing House Company menyiarkan untuk pertama kalinya hasil pemilihan presiden dari Pittsburg, Pennsylviania, sehingga meletakkan fondasi bagi penyiaran program terjadwal secara tetap. Didirikannya British Broadcasting Corporation (BBC) pada tahun 1922 membuat radio sebagai bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari hari.

Share dulu ya :
Anda sedang membaca info 5 Penemuan Ilmiah Penting (part4), anda bisa menemukan 5 Penemuan Ilmiah Penting (part4) ini dengan url https://kumpulanpenemuan.blogspot.com/2014/12/penemuan-ilmiah-penting-part4.html, semoga info 5 Penemuan Ilmiah Penting (part4) bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar