Headlines News :

5 Penemuan Ilmiah Penting (Part 2)

PENEMUAN ILMU KEDOKTERAN



Aesculapius adalah orang yang paling awal dalam sejarah Yunani. Ia mempraktikkan pengobatan dengan sihir. Namun secara bertahap, kedokteran yang benar mulai dikembangkan. Seseorang yang bernama Hippocrates, yang hidup pada kira-kira tahun 400 SM, bekerja keras untuk menghindarkan kedokteran dari sihir dan takhayul. Oleh karena itu, ia disebut “Bapak Kedokteran”.

Dalam tulisan-tulisannya, ia mengajarkan bahwa dokter harus mengamati pasien dengan teliti dan akurat. Ia harus memberikan perawatan yang lembut dan berusaha untuk membesarkan hati pasien dalam proses penyembuhan alamiah. Dokter tidak boleh mengambil resiko yang merugikan pasien. Ia harus menjaga rahasia pasien dengan sendirinya.

Hippocrates juga mengenal dan menjelaskan banyak penyakit. Banyak fakta kedokteran, seperti yang ada sekarang, ia amati lebih dari dua ribu tahun yang lalu. Jadi, barangkali kita dapat memanggilnya “dokter pertama di dunia” dalam pengertian dokter yang kita kenal sekarang.

PENEMUAN HYDROGEN


Hydrogen adalah zat kimia yang paling ringan, paling sederhana, dan gas yang paling berlimpah didapatkan di ala mini. Ini adalah sebuah unsure yang tidak memiliki warna, bau dan rasa.

Hydrogen ditemukan sebagai sebuah unsure yang beda pada tahun 1776 oleh Henry Cavendish (1731-1810), seorang ahli kimia dari Inggris. Ia mendapatkannya dengan menambahkan asam sulfur pada besi dan menunjukkan bahwa air hanya dihasilkan jika hydrogen terbakar di udara. Karena sifat tersebut, “gas yang mudah terbakar” ini,yang didapatkan oleh Cavendish, dinamai hydrogen (artinya “bekas air”) oleh Lavoisier.

Hydrogen digunakan sebagai bahan bakar. Ia adalah sebuah unsur pokok pada banyak bahan bakar gas-gas batu bara dan gas air masing-masing mengandung kira-kira 50 dan45 persen volume hydrogen. Unsur ini menghasilkan nyala api yang sangat panas apabila di bakar dengan oksigen murni. Nyala api ini di gunakan untuk mengelas dan memotong baja. Hydrogen digunakan untuk mengisi balon yang mengangkatnya ke atas di udara untuk mempelajari arus udara dan keadaan cuaca, serta untuk meneliti kosmik. Ia digunakan juga untuk mengentalkan minyak, seperti minyak biji kapas, minyak kelapa, dan minyak kacang tanah.

Namun, karena mudah terbakar, gas ini telah menyebabkan banyak bencana dan karenanya digantikan oleh helium.

PENEMUAN HUKUM HIDROSTATIK


Blaise Pascal (1623-1662) dikenal sebagai seorang ahli matematika, fisika, filosof dan penulis buku-buku agama. Barangkali, tidak ada pelajar yang tidak pernah belajar hokum pascal. Menurut hukum ini, ketika tekanan diberikan pada titik mana pun pada suatu cairan, cairan itu menyebar secara rata ke segala arah. Berdasarkan hokum ini, penciptaan alat suntik, tekanan hidrolik, dan rem hidrolik dapat dibuat.

Pascal juga menciptakan sebuah segitiga yang disebut Segi Tiga Pascal yang berisi beberapa deret angka yang disusun dalam cara tertentu. Ini terbukti sangat berguna dalam pelajaran probabilitas.

PENEMUAN HUKUM PENGUNGKIT DAN KATROL


Archimedes adalah seorang ahli metematika dari Yunani yang membuat beberapa penemuan ilmiah dasar. Ia menemukan hukum-hukum pengungkit dan katrol. Penemuan-penemuan itu menghasilkan konstruksi mesin yang mampu menggerakkan muatan yang berat dengan mudah.

Gunting kain, gunting logam dan tang semuanya didasarkan pada prinsip pengungkit. Ketapel dan ballista, senjata kuno yang digunakan dalam perang uantuk mengayunkan benda-benda yang besar, juga didasarkan pada pangunkit.

Linggis adalah contoh khas sebuah pengungkit. Alat itu digunakan mengangkat sebuah benda yang berat. Menurut prinsip ini, semakin dekat titik tumpu pada benda yang sedang diangkat, semakin sedikit tenaga yang dibutuhkan untuk mengangkatnya.

PENEMUAN KAMERA POLAROID


Edwin H. Land dari Amerika Serikat, menciptakan kamera Polaroid pada tahun 1948. Kamera Polaroid mengurangi kebutuhan pada negative film dan memberi kita foto dengan cepat.


Share dulu ya :
Anda sedang membaca info 5 Penemuan Ilmiah Penting (Part 2), anda bisa menemukan 5 Penemuan Ilmiah Penting (Part 2) ini dengan url https://kumpulanpenemuan.blogspot.com/2014/12/5-penemuan-ilmiah-penting-part-2.html, semoga info 5 Penemuan Ilmiah Penting (Part 2) bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar